Selasa, 09 Juli 2013

Kalimantan (1)

Ini yang namanya kerja rasa liburan, kurang apa coba, tempat yang indah, sahabat dan pacar! Baru pertama kalinya gue ke Kalimantan langsung takjub, pas landing kiri kanannya masih hutan, masih hijau banget, walaupun pas turun matahari langsung nyengat nusuk ke tulang.

Beruntung banget bisa kerja disini, ikut acara yang gak mungkin atau ikut acara yang mungkin kalau kita pake uang pribadi itu sayang ya, dari mulai nanem mangrove sama ariel noah (lol, thanks to my bos ya), sampe acara pelepasliaran orangutan.

Gak pernah kebayang sebelumnya akan datang ke Kalimantan, apalagi ke Pangkalan Bun. Tapi kemarin gue ke Pangkalan Bun! Dan karena kita cuma 3 hari dua malem disana, acara dipadetin. Hari pertama kita langsung ke Tanjung Puting. Ada yang pernah ke Tanjung Puting?

Untuk mencapai lokasi Tanjung Puting itu memakan waktu 1,5 jam dengan speedboat, katanya Toyip, enakan naik kelotok, walaupun memakan waktu 7 jam, karena kalau pakai kelotok, kita bisa bener-bener santai, relax, dengerin suara binatang-binatang liar, menghirup bau hutan, menghayati hasil karunia Tuhan, dan yang paling penting lagi adalah, bisa liat kunang-kunang! Bukan kunang-kunang yang cuma satu dua gitu, tapi jutaan kunang-kunang yang lari-larian kesana kesini, yang membentuk sebuah pohon, ah baru diomongin gitu aja udah kebayang indahnya, hati gue langsung bergetar. Pingin banget ngeliat.

Perjalanan 1,5 jam bener-bener gak berasa, walaupun angin yang kenceng banget menerpa muka gue, dan walaupun panas yang nusuk ke tulang sampe kaki gue bintik-bintik merah dan perih serta gatel, muka gosong item, gue bener-bener menikmati perjalanan gue sambil nyebut nama Tuhan gue. Terserah deh ya mau bilang gue cengeng, drama atau terlalu mellow tapi yang pasti sangking indahnya gue nahan nangis.

Dan sampailah kita di Camp Leakey, pertama turun disini langsung disambut si Raja dan Ratu Orangutan, yaitu si Tom dan Siswi. Si Tom gueeedeeeeeeee luar biasa dan mukanya serem. Kata guidenya, disini kita ga boleh deket-deket sama orangutan, pertama orangutan itu kekuatannya berpuluh-puluh kali lipat dari manusia, bisa remuk kita kalau tiba-tiba dia lagi badmood. Dan kalau misalnya dia nempel sama kita lepasin dari badan kita itu susaaaaaaaaaaaaaaah banget, orangutannya harus ditakut-takutin dulu baru dia mau lepasin kita.

Ah yang kaya gini-gini bikin gue jadi pengen jadi volunteer orangutan, habisnya ya ngeliat matanya aja tuh lucu banget, kayaknya matanya itu berbicara, matanya itu bisa menangkap perasaan. Makanya ngga habis pikir sama orang-orang yang ngebakar atau nyakitin orangutan.
 
 


 

 

 

1 komentar: